Selasa, 10 Maret 2015

Mengenal Bagina-Bagian dan Fungsi Kamera Part 2

Setelah mengetahui bagian-bagian pada kamera part I, kita lanjut part II.

1.Handgrip

Bagian ini digunakan untuk menggenggam kamera, baik tangan kanan memegang sisi sebelah kanan untuk mengontrol shutter dan tangan sebelah kiri untuk menahan kamera sekaligus mengatur lensa (cincin zoom, diafragma, focus)

2. Dial Mode Button

Sekumpulan tombol yang terdapat pada bagian atas kamera untuk memilih berbagai macam mode pengambilan gambar.

- Eyepiece atau dudukan mata

  Eyepiece atau dudukan mata Kamera
berfungsi sebagai dudukan mata saat kita melihat objek melalui viewfinder

3. View Finder atau jendela bidik

- View Finder atau jendela bidik
Jendela bidik untuk melihat objek

4. Sensor Gambar

Sensor Gambar

Sensor kamera DSLR ada dua yakni CMOS dan CCD, gunanya yakni merubah objek menjadi file digital. Saat kita menekan shutter, maka viewfinder akan menjadi gelap dan setelah itu cahaya akan mengenai sensor, unutk kemudia disimpan pada memori kamera.

5. Flash atau blits

Flash atau blits

Flash digunakan untuk membantu memberikan cahaya, disaat kekurangan cahaya atau disaat membutuhkan cahaya dari arah tertentu, dan masih banyak fungsi lainnya diantaranya adalah efek Slow Sync Flash

6. Hotsoe atau dudukan eksternal flash

Hotsoe atau dudukan eksternal flash

dudukan eksternal flash yang biasanya berada ditengah atas bodi kamera

7. Lensa

 lensa kamera

Lensa pada kamera DSLR merupakan bagian yang sangat penting, bahkan sama pentingnya dengan bodi kamera itu sendiri. Lensa berfungsi memfokuskan cahaya hingga mampu ditangkap oleh sensor. Banyak sekali pilihan lensa yang dapat kita gunakan, misal wide untuk objek melebar, lensa makro untuk memperbesar, tele untuk zoom, tilt and shift, dan fish eye. Di setiap lensa biasanya terdapat cincin-cincin untuk mengatur fokus, diafragma ataupun zoom untuk lensa variabel. Selain jenis lensa variabel terdapat juga lensa fix, yakni lensa yang tidak bisa dirubah-rubah.

8. LensHood

Lenshood berfungsi sebagai penyaring kelebihan cahaya, selain itu juga berfungsi sebagai pelindung lensa dari benturan. Selain 2 fungsi diatas, penambahan lenshood pada kamera akan membuat tampilan lensa lebih macho.

9. LCD atau layar monitor

Pada kamera DSLR tampilan LCD layaknya kamera digital lain. Kita bisa menampilka gambar dan menghapusnya apabila terjadi ketidak cocokan. Untuk merubah setting kamera juga ditampilkan melalui LCD.
 
Bagi sobat yang berencana akan membeli kamera DSLR, mungkin tips sebelum membeli kamera bisa menjadi pertimbangan sobat.

Sekian arikel dari saya. semoga bermanfaat sobat.

Related Posts

Mengenal Bagina-Bagian dan Fungsi Kamera Part 2
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.